Perubahan nama Lembaga Keistimewaan DIY

87

Pemda DIY akan merealisasikan perubahan nomenklatur kecamatan desa di wilayah DIY pada tahun 2020 guna menjalankan amanat UU No.13/2012 tentang Keistimewaan DIY. Perubahan nama tersebut akan diikuti dengan berbagai perubahan identitas penanda seperti papan dan urusan administrasi lainnya.
.
Dengan adanya peraturan tersebut, nantinya Kecamatan yang berada di tingkat Kabupaten akan berubah menjadi Kapanewon, sedangkan Kecamatan yang ada di Kota Yogyakarta akan beruah menjadi Kemantren. Untuk pejabatnya, yakni Camat, akan berganti menjadi Panewu. Di samping itu, penyebutan Desa juga akan berganti menjadi Kalurahan. Kepala Desa akan menjadi Lurah dan Sekretaris Desa akan menjadi Carik. Untuk Kelurahan yang berada di Kota Yogyakarta tidak akan berganti nama

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta pada 2020 mendatang akan menerapkan aturan baru dalam penyebutan sejumlah lembaga seperti kecamatan serta juga pejabat yang mengampu tugas sebagai pemimpin pada lembaga itu.

Penerapan aturan itu sesuai dengan Peraturan Gubernur 25/2019 tentang Pedoman Kelembagaan Urusan Keistimewaan pada Pemerintah Kabupaten/Kota dan Kalurahan.

“Kecamatan di wilayah Kota Yogya nanti akan mendapat sebutan lain menjadi kemantren. Camat juga nanti akan kita kukuhkan sebagai mantri pamong praja, kemudian sekretaris camat menjadi mantri anom,” jelas Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kota Yogyakarta,

Terkait dengan pemilihan nama, seperti penyebutan Kecamatan di tingkat Kabupaten menjadi Kapanewon, dan Kecamatan di Kota Jogja menjadi Kemantren, sambungya menyesuaikan dengan sejarah zaman dulu.  “Latar belakangnya adalah mengembalikan penamaan sesuai dengan fungsi sejarah,” kata Ditya. Adapun perubahan nomenklatur di Kecamatan Desa DIY secara lengkap adalah: Kapanewon adalah Penyebutan nama Kecamatan di tingkat Kabupaten Kemantren merupakan penyebutan Kecamatan di Kota Yogyakarta Panewu adalah penyebutan bagi Camat Kalurahan adalah penyebutan bagi Desa Lurah adalah penyebutan bagi Kepala Desa Carik adalah penyebutan bagi Sekretaris Desa Kelurahan yang berada di Kota Yogyakarta tidak berganti nama.

READ  Peringati Hari SumpahPemuda Dengan Seni

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Tahun Depan Pemkot Yogya Ubah