Perayaan Sekaten Jogja

Perayaan Sekaten Jogja

Perayaan Sekaten Jogja 2016 akan segera digelar. Acara ini menjadi agenda tahunan kota Yogyakarta yang biasanya digelar berdekatan dengan tahun baru H

Tebing Breksi
Event Pencak 4 Jam
Manunggal Fair 2017

Perayaan Sekaten Jogja 2016 akan segera digelar. Acara ini menjadi agenda tahunan kota Yogyakarta yang biasanya digelar berdekatan dengan tahun baru Hijiriyah akan tertapi tahun ini pasar rakyat tersebut akan digelar menjelang tahun baru ini.

Pak Haryadi Suyuti – Wali Kota Yogyakarta mengatakan bahwa Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) tahun ini akan tetap digelar Pemkot sudah memperoleh izin dari Keraton Yogyakarta untuk menggelar PMPS di Alun-alun Utara Yogyakarta. PMPS akan mulai digelar tanggal 18 November sampai 11 Desember 2016 mendatang atau tidak sampai 30 hari berbeda dengan tahun sebelumnya yang digelar mencapai 45 hari.

Sekaten sendiri merupakan acara untuk memperingati hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW pada setiap tanggal 5 bulan Maulid atau Mulut (kalender jawa). Sekaten berasal dari kata Syahadatain atau yang berarti 2 kalimat Syahadat.

Diantara sekian banyak event wisata di Jogja. Pasar Malam Sekaten inilah yang paling dinantikan oleh para wisatawan, event tahunan ini menyediakan banyak sekali hiburan, permainan hingga kulineran dengan harga terjangkau.

Setiap jengkal Alun-Alun Utara Jogja dipadati oleh beragam stan dari peserta PMPS, mulai dari stan kerajinan, makanan hingga permainan. Dari 850 modul stan yang disiapkan, sekitar 98% di antaranya diisi peserta.

Pada pelaksanaan tahun lalu, panitia masih memberikan toleransi kepada pengunjung untuk memarkirkan kendaraannya di Alun-Alun Utara Jogja. Namun, seiring dengan pelaksanaan revitalisasi di Alun-Alun Utara Jogja, maka kendaraan bermotor dari jenis apapun tidak diperbolehkan masuk ke Alun-Alun Utara.

“Selain parkir, kami juga akan melakukan evaluasi dari aspek persiapan, pelaksanaan, tata kelola, dan peserta PMPS serta dari tujuan yang ingin dicapai yaitu dari aspek religi, ekonomi dan budaya,” katanya, seperti dikutip dari Antara.

Haryadi menyebut, tiga tujuan utama pelaksanaan PMPS 2016 yaitu religi, budaya dan ekonomi dapat diwujudkan dengan baik.

“Kegiatan utama yaitu Sekaten yang ditandai dengan keluarnya gamelan Kyai Guntur Madu dan Nogo Wilogo sudah terlaksana. Hari ini pun, dilakukan kondur gongso atau kembalinya gamelan ke Keraton Jogja,” katanya.

COMMENTS