Home » Pantai dijogja » Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan merupakan salah satu alternatif obyek wisata Gunung Kidul yang perlu dikunjungi. Pantai yang terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul ini memiliki keunikan dibandingkan pantai lainnya. Pantai ini berupa teluk yang di sekelilingnya terdapat perbukitan kapur. Selain itu pantai ini juga memiliki pemandangan yang akan membuat terpukau siapapun yang melihatnya. Pemandangan deburan ombak yang menerpa batu karang dan pasir putihnya. Untuk menuju pantai ini, Anda harus melewati perjalanan yang cukup menantang. Perjalanan yang dilalui berkelok-kelok dan beberapa kali melalui tanjakan dan turunan. Namun panajangnya perjalanan akan terbayarkan begitu sampai di lokasi. Pantai ini masih begitu alami. Sehingga masih bersih dan tidak ada sampah-sampah berserakan.

Pantai Ngrenehan sebagai Pantai Nelayan
pesona pantai ngrenehan
Lika-liku perjalanan untuk sampai di pantai ini tentu tidak sesulit yang dibayangkan. Pantai yang dikunjungi ini sering disebut juga sebagai pantai nelayan. Di pantai ini, Anda bisa menyaksikan berbagai aktifitas yang dilakukan para nelayan. Misalnya sedang memperbaiki jaring atau perahu mereka. Adakalanya mereka mempersiapkan perahu yang akan mereka gunakan. Adakalanya juga bertemu mereka saat pulang mencari ikan. Alhasil Anda pun bisa mudah membeli banyak ikan segar yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Jika ingin menikmati ikan-ikan segar yang sudah dimasak pun juga bisa dilakukan. Perahu-perahu para nelayan pun bisa ditemukan saling berjejer rapi di bibir pantai.

Ombak Pantai Ngrenehan tidak Terlalu Besar
Lokasi pantai ini memang tidak di pinggir jalan langsung. Artinya Anda masih perlu berjalan kaki untuk menuju pantai ini. Namun perjalanan yang dilakukan tidaklah terlalu jauh. Hanya melalui jalan setapak, melewati semak belukar dan pepohonan. Selanjutnya Anda akan sampai di pantai yang ombaknya tidak terlalu besar dikarenakan letak pantai ini yang cukup tersembunyi dari hamparan samudra Hindia tidak seperti pantai-pantai lain di sepanjang wilayah Gunungkidul. Sehingga jika ingin berenang, pantai ini relatif aman. Begitu pula untuk menangkap ikan juga bisa dilakukan. Apabila Anda tidak ingin kerepotan menangkap ikan maka bisa membeli ikan segar di Tempat Pelenangan Ikan (TPI) yang harganya pun sangat terjangkau.

Bukit Karang di Pantai Ngrenehan
Saat Anda berada di pantai ini, bisa juga menyempatkan mengunjungi sebelah utara pantai. Anda bisa menemukan sebuah bukit karang. Bukit tersebut terbilang cukup unik karena karang-karangnya sangat mirip dengan koral yang ada di laut. Di bukit tersebut Anda juga bisa melihat banyak cangkang kerang kecil-kecil yang berserakan. Kapan lagi Anda bisa mengunjungi dan melihat bukit karang. Namun jika Anda hanya ingin bermain-main di pantai atau berenang dan bermain air pun juga tetap bisa dilakukan. Apalagi pantai ini sangat cocok untuk liburan keluarga terutama anak-anak. Karena ombaknya yang relatif tenang tentu akan membuat Anda merasa tenang dan nyaman membiarkan anak-anak bermain air atau berenang.
Ombak yang relatif tenang tersebut bisa jadi disebabkan karena adanya batuan di sekitar bibir pantai. Batuan tersebut bisa jadi mampu meredam datangnya ombak. Sehingga begitu sampai di pantai tidak terlalu besar. Pantai ini juga relatif lebih landai dibandingkan pantai lain di Gunungkidul. Keunikan lainnya yang bisa dilihat di pantai ini adalah bentuknya yang seperti teluk. Kemudian dikelilingi oleh perbukitan kapur. Membuat pemandangan yang indah dipandang dari kejauhan. Tidak ada salahnya Anda menyempatkan waktu berlibur di Pantai Ngrenehan.


Similar posts