Home » Seputar Jogja » OJEK KHUSUS DIFABEL PERTAMA DAN SATU-SATUNYA DI DUNIA

OJEK KHUSUS DIFABEL PERTAMA DAN SATU-SATUNYA DI DUNIA

OJEK KHUSUS DIFABEL PERTAMA DAN SATU-SATUNYA DI DUNIA

Sebuah layanan ojek dirintis di Yogyakarta untuk menyediakan sarana transportasi yang nyaman untuk para difabel. Unik, karena para pengendaranya pun orang-orang yang punya kebutuhan khusus. Difa City Tour dan Transport adalah sebuah layanan ojek yang menyediakan sarana transportasi yang nyaman buat para difabel. Layanan ini semakin unik karena pengendaranya adalah orang-orang yang juga punya kebutuhan khusus.

Triyono seorang pengusaha berusia 35 tahun, merintis layanan ojek untuk para difabel. Triyono sendiri diserangpolio ketika kecil dan kemudian harus menggunakan dua tongkat untuk berjalan. Dia mengerti betul bagaimana susahnya ‘bertarung di jalan raya’.

Layanan ini bertambah istimewa karena para pengendara juga orang-orang yang berkebutuhan khusus. Sugiyono misalnya, punya keterbatasan sehingga telapak tangan kanannya tidak bisa menggenggam. Ada juga Suwardono yang agak pincang ketika berjalan tetapi bisa lancar mengendarai motor dengan surat izin mengemudi khusus.

“Kita unik, semua melibatkan difabel. Kita satu-satunya (ojek) di dunia yang betul-betul mengakomodasi para difabel,” kata Triyono.

Alasan inilah yang akhirnya membuat aktivis tuna netra seperti Pardiono memilih Difa dibanding ojek biasa. Ada rasa senasib sepenanggungan antara pengendara dan penumpang.

Sumber: GNFI | Foto: BBC.com