Informasi Terkini Seputar Kota Jogja dan Yogyakarta yang Menjadi Kota Tujuan Utama Wisata Indonesia, Hotel, Kuliner, kuliner jogja, Rental Mobil Murah Jogja

New Yogyakarta International Airport (NYIA)

New Yogyakarta International Airport (NYIA) yang terletak di Kabupaten Kulon Progo dijadwalkan akan mulai beroperasi April 2019 mendatang. PT Angkasa Pura I dan PT Pembanguan Perumahan (PP) selaku pemilik proyek terus berupaya memenuhi target pengoperasian bandara.

Faiq Fahmi, Direktur Utama PT @ap_airports saat menerima kunjungan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X Selasa (08/01) siang menyampaikan bahwa NYIA jauh lebih luas dari Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.

Apabila Adisutjipto memiliki luas 17.136 m², maka NYIA memiliki luas 210.000 m². Bandara yang digadang-gadang dengan desain sisi udara terbaik ini memiliki panjang dan lebar landasan 3.250 x 45 meter, sehingga nantinya pesawat terbesar dan terberat bisa mendarat di NYIA.

Menurut Fahmi, saat ini pembangunan sudah memasuki tahap 26%, dan hingga April 2019 nanti target pembangunan adalah 50% dan siap untuk dioperasikan dengan sistem minimum operasi. Dirut AP I ini mengaku optimis akan target tersebut, mengingat penambahan progres 2,5% setiap minggunya.
.
“NYIA akan menjadi solusi dari permasalahan Cengkareng dan Ngurah Rai, apalagi dengan progres pengerjaan 2,5% – 2,6% per minggu, April nanti diharapkan target tercapai.” sambung Fahmi.

Fahmi menambahkan bahwa fasiltas yang harus sudah siap 100% bulan april nanti adalah fasilitas pendukung airside meliputi runway, rapid taxiway 1, holding bay 1, parallel taxiway, exit taxiway, apron dan taxiway apron. Sedangkan dari fasilitas pendukung landside meliputi toll gate, gedung terminal, gedung penunjang dan sub station.

Saat ini, kata Fahmi, pihaknya yang bekerja sama dengan @ptpp_id terus mengupayakan agar bukan hanya target bulan April yang bisa dipenuhi, namun juga target pembangunan 100% secara keseluruhan bisa selesai maksimal di bulan Desember 2020.

READ  Festival Koreografi Pencak

credit : @humasjogja

Comments are closed.