Museum Sejarah Purbakala Pleret

Museum Sejarah Purbakala Pleret

saat ini sudah memiliki ruang koleksi terbuka. Ruang koleksi terbuka yang memiliki luas kurag lebih 40m2 ini sudah dapat dinikmati setelah peresmian g

Museum Monumen Pahlawan Pancasila
Museum Biologi
Monumen Yogya Kembali

saat ini sudah memiliki ruang koleksi terbuka. Ruang koleksi terbuka yang memiliki luas kurag lebih 40m2 ini sudah dapat dinikmati setelah peresmian gedung baru yang dilakukan bersamaan dengan Gebyar Museum Pleret pada 13 Desember lalu.

Konten koleksi  yang terdapat dalam ruang koleksi terbuka ini diantaranya stupa, badan candi, dan juga beberapa jenis umpak yang awalnya tersebar di halaman museum. Ruang koleksi tersebut rencananya digunakan sebagai pemecah alur kunjungan apabila ruang koleksi sedang penuh.

Museum Pleret meresmikan ruang audiovisual baru. Peresmian ini didahului dengan rangkaian acara berupa jelajah sejarah dan pengundian hadiah. Ruangan ini mampu menampung 40 pengunjung. Film yang diputarkan adalah film mengenai sejarah Mataram Pleret yang begitu menarik antusias para pengunjung.

Umpak Keraton, Sumur Gemuling,

Didalam Museum ini menampilakan beberapa koleksi benda purbakala seperti: Umpak Keraton, Sumur Gemuling, Perhiasan dan Peralatan keagamaan / keseharian, Replika Mighrab Masjid Kauman dan Umpak kerto, Batu-batuan, Yoni, Padma, Kemuncak dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, di Museum Pleret ini juga terdapat ruang audiovisual yang menampilkan film dan foto tentang Menelusuri Jejak Kejayaan Mataram Islam di Pleret.

source : http://pleret.museumjogja.org/

COMMENTS