Home » museum jogja » Museum Monumen Pahlawan Pancasila

Museum Monumen Pahlawan Pancasila

Museum Monumen Pahlawan Pancasila

Berada di Jalan Pandega Sakti, Kentungan, Depok, Sleman, Museum Monumen Pahlawan Pancasila menjadi tetenger peristiwa kelam perjalanan bangsa Indonesia. Tanda penghormatan atas gugurnya dua perwira Angkatan Darat, Kolonel Katamso dan Letnan Kolonel Soegiyono atas kekejaman PKI. Meski telah direncanakan sejak tahun 1986, monumen ini baru dibangun tahun 1988 dan selesai pada tahun 1991. Atas dasar surat dari Sekretaris Militer Presiden Nomor: K.608/Sekmil/A/XI/1988, tanggal 16 November 1988, monumen ini ditetapkan oleh Presiden RI (Soeharto) sebagai Monumen Pahlawan Pancasila.

Museum Monumen Pahlawan

Dua patung pahlawan revolusi berukuran besar berdiri tegak menyambut kedatangan siapapun yang memasuki wilayah museum seluas 7.927 meter persegi. Berbagai benda koleksi berkaitan dengan peristiwa G 30 S/PKI tersimpan dengan baik. Obyek paling menarik adalah lubang tempat jenazah Kolonel Katamso dan Letnan Kolonel Soegiyono ditemukan. Rentetan peristiwa penculikan kedua perwira Angkatan Darat tersebut dan rangkaian peristiwa pemberontakan PKI Madiun dapat dicermati lewat relief di salah satu diding museum. Koleksi lain berupa duplikat kendaraan yang digunakan saat penculikan, kendaraan pengangkut jenazah, serta pakaian dan berbagai foto Kolonel Katamso dan Letnan Kolonel Soegiyono.

Museum buka pada hari Selasa-Kamis pukul 08.00-13.00 WIB; hari Jumat pukul 08.00-11.00 WIB; dan Sabtu pukul 08. 00- 12. 00 WI B. Sedangkan hari Minggu, Senin, dan hari besar nasional, museum tutup. Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi nomor telepon (0274) 562319