Home » Belanja » Mirota Batik semacam miniatur Yogyakarta

Mirota Batik semacam miniatur Yogyakarta

Mirota Batik semacam miniatur Yogyakarta

Saat awal didirikan pada tahun 1978, Mirota Batik belum sebesar sekarang. Selain tempatnya kecil, pembelinya juga masih sepi. Apalagi, Malioboro saat itu masih sepi. Tapi Hamzah tak patah arang. Meski sepi pembeli, ia tetap memasarkan batik-batik hasil desainnya di Mirota.
Usahanya mulai berkembang saat ia menjalin kerja sama dengan pemilik Batik Danar Hadi. Selain mendapatkan pasokan batik dari Danar Hadi, Hamzah juga mendatangkan batik dari berbagai daerah.

Agar isi tokonya lebih bervariasi, ia pun mulai memasarkan barang-barang kerajinan khas Jawa. Untuk itu, ia suka membawa contoh barang ke perajin untuk dipasarkan di tokonya. Hubungannya dengan para perajin ini dimulai sekitar tahun 1980-an. Saat itu, tak jarang ia mencari perajin hingga ke pelosok daerah. Lambat laun, usahanya itu mulai membuahkan hasil sampai akhirnya dilirik orang.

Selain isi toko makin bervariasi, desain interior toko yang unik juga menjadi daya tarik Mirota Batik. Bisa dikatakan, Mirota kini menjadi semacam miniatur Yogyakarta. Bahkan ada yang berpendapat, bagi wisatawan yang tidak sempat menyusuri Malioboro, cukup berkunjung ke Mirota karena semua sudah terwakili dan tersedia lengkap di sini.

Gerai Batik yang terletak di depan Pasar Beringharjo ini terdiri dari 2 lantai, lantai 1 untuk barang – barang kain batik dan lantai 2 untuk barang – barang kerajinan. Tapi sekarang udah nambah jadi ampek lantai 3 dan 4 loh. Lantai 3 untuk studio foto Ratri Image. Ruang Tunggu Oyot Godhong yang menempati lantai 3 dan lantai 4. Ruang Tunggu Oyot Godhong menyediakan makan sama minum loh, jadi yang capek belanja di Mirota Batik bisa mampir makan dan minum disini, ato yang cuman mau numpang hot-spotan gratis disini disediakan.

Gedung Mirota Batik Jogja

Mirota Batik Kaliurang sendiri berdiri sejak 13 Januari 2001 terletak di kawasan lereng gunung merapi ini merupakan cabang dari Mirota Batik Malioboro, Yogyakarta. Dengan bentuk bangunan yang bercirikan Jawa menambah daya tarik para wisatawan mancanegara maupun domestic untuk datang meluangkan waktunay berbelanja disini. Interior dan suasana ruang yang syarat akan tradisi Jawa serta selalu terhirup aroma kembang setaman dan dupa sebagai aromaterapi ruangan membuat pengunjung merasa betah berlama-lama berbelanja di Mirota Batik Kaliurang.

Mirota Batik Kaliurang terdiri dari dua bangunan utama. Pada bagian depan dan belakang menjadi bagian yang terpisah dengan sedikit ruangan terbuka. Di dalam dua bangunan tersebut para pengunjung dapat berbelanja berbagai jenis batik dan souvenir yang diinginkan. Bangunan bagian belakang terdiri dari tiga lantai. Lantai bawah (basement) menyediakan berbagai koleksi pakaian wanita ekslusif dengan berbagai motif, corak dan model dengan harga yang terjangkau.

Pada lantai satu menyediakan berbagai macam aksesoris ruangan mulai dari korden, taplak meja, sarung bantal, berbagai pilihan fashion anak, berbagai pilihan pasmina, jilbab, mukena, dan masih banyak lagi. Di lantai 2 anda akan dimanjakan oleh berbagai macam koleksi kerajinan dengan berbagai jenis, bentuk dan ukuran serta cinderamata yang dapat menjadi pilihan oleh-oleh. Dengan didukung suasana yang nyaman dan keramah tamahan para pramuniaga dan staff membuat Mirota Batik Kaliurang menjadi salah satu ikon toko batik legendaris di kota Yogyakarta.