Home » Seputar Jogja » Daftar Tempat Wisata di Yogyakarta

Daftar Tempat Wisata di Yogyakarta

Daftar Tempat Wisata di Yogyakarta

Tempat wisata di Jogja yang biasa direkomendasikan orang-orang biasanya tak jauh-jauh dari Malioboro, Keraton, dan sekitarnya. Kemudain jika Anda ditanya seputar wisata yang terkenal di Yogyakarta maka jawabannya pasti Candi Borobudur dan Prambanan, Pantai Parangtritis, Malioboro, Keraton Yogyakarta dan yang populer lannya.

Sebagai Kota Pariwisata, pesona keistimewaan Jogja memang berpusat di titk-titik yang selalu ramai pengunjung itu. Tapi bagi para petualang dan pengelana sejati, disuguhi sesuatu yang sudah mainstream cenderung akan membosankan. Lagipula, banyak sekali tempat-tempat menarik di Jogja yang masih tersembunyi, tidak populer, namun menawarkan pesona yang tak kalah menarik dibanding tempat-tempat wisata yang sudah populer. Disini kami akan menguak surga-surga tersembunyi di Jogja agar cerita liburan Anda lebih berkesan dan memiliki kebaruan diantara cerita kawan yang lain. Monggo!

wisata-pinus_mangunan

Hutan Pinus Mangunan Jogjakarta
Kesejukan Dan Kesegaran Hutan Pinus Mangunan
Kota mana di dunia ini yang makin hari tak makin menjadi panas? Sepertinya tak ada. Kondisi ini juga dialami oleh Kota Jogja. Wisata Jogja bagian kota memang masih istimewa, tapi jika suasana gerah, mana bisa kita menikmati keistimewaan Jogja dengan meksimal? Bukan sedang menunjuk siapa yang salah, tapi kami sedang merekomendasikan sebuah objek wisata Jogja yang masinh tersembunyi namun bisa jadi tempat unutk melarikan diri sejenak dari gerahnya kota. Tempat ini adalah Hutan Pinus Mangunan di daerah Dlingo, Bantul. Yang ditawarkan oleh tempat ini selain kesejukan dan kesegaran udaranya adalah pemandangannya yang indah. Barisan hutan pinus yang rapat dan teratur juga cocok untuk kamu yang hobi berfoto. Di tempat ini sering dipakai untuk lokai pemotretan karena lokasinya yang eksotis. Lepas dari sini, Anda bisa meneruskan perjalanan ke kebun buah Mangunan untuk belanja buah-buahan segar.

Gondola Tradisional Di Pantai Timang
Tempat wisata di Jogja Pertama yang juga terkenal akan keindahan pantainya. Bukan pantai yang seperti pada umumnya, namun pantai yang unik juga ada. Tempat wisata berupa pantai unik ini akan Anda temukan di Pantai Timang. Pantai Timang ini kondisinya mirip seperti pantai-pantai selatan pada umumnya: berombak besar dan bertebing curam serta berkarang-karang. Yang istimewa, di pantai ini terdapat gondola tradisional yang terbuat dari tali dan pancang kayu biasa yang terpasang untuk dipakai Anda yang tertantang untuk menaikinya sampai pulau karang di seberang pantai. Gondola ini biasa dipakai oleh para nelayan untuk mencari lobster di pulau karang dengan ombak setingnggi minimal 5 meter itu. tenang, gondola ini aman untuk Anda. Selalu dicek keamanannya setiap hari.

Snowboarding Gumuk Pasir Di Pantai Parangkusumo
Tempat wisata di Jogja kedua masih berada di pesisir pantai selatan Jogja. Namun yang ditekankan di tempat yang satu ini bukan keindahan pantainya, melainkan penawaran olahraga snowboarding gaya baru: sandboarding! Ya. Anda biasa merasakan pengalaman snowboarding tanpa media salju, namun di gumuk pasir di Pantai Parangkusumo. Gumuk pasir hanya ada dua tempat di dunia. Yang pertama di Meksiko, dan yang kedua di Pantai Parangkusumo Jogja ini. Disini Anda bisa merasakan sensai menuruni bukit pasir dengan papan seluncur dengan aman bahkan untuk pemula. Well, tentu saja. Jika jatuh pun Anda jatuh di pasir, ukan di aspal.

Panjat Tebing di Pantai Siung Jogja
Tempat wisata di Jogja ketidga ini perlu Anda tempuh melalui peisir selatan pantai Jogja, sampai Anda menemukan sebuah pantai dengan nama Pantai Siung. Disini tak jau berbeda kondisinya dengan pantai lain, namun yang menjadi surga tersembunyi adalah tebing-tebing tinggi dan curam di bibir pantai yang bisa kamu panjat. Pantai Siung ini adalah tempat terbaik bagi Anda para pecinta olahraga panjat tebing. Daya tarik tebing di pantai ini luar biasa. Adrenalin yang meningkat saat memanjati celah-celah tebing berpadu dengan nikmatnya pemandangan laut selatan yang biru bercampur dengan ombak besar yang saling berkejaran hingga berdebur pecah di bagian bawah tebing. Ada kurang lebih 250 jalur panjat yang bisa Anda pilih. Tunggu apa lagi? Segera bergegas ke Pantai Siung Jogja.

 Pantai Pok Tunggal

Pantai Berpasir Putih Pok Tunggal
Ada yang pernah bilang dengan nada kecewa jika kebanyakan tempat wisata di Yogyakarta terutama pantai, tidak seindah yang dibayangkan sebab berpasir abu-abu. Namun kekecewaan ini tak akan Anda temui jika sudah menjajal salah satu pantai pasir putih di Jogja ini: Pantai Pok Tunggal. Pantai Pok Tunggal letaknya memang masih tersembunyi (walaupun sekarang sudah semakin ramai pengunjung), dan untuk mencapai tempat ini Anda bisa menggunakan kendaraan menyusuri sisi timur Pantai Indrayanti. Pantai ini ikonik dengan pohon Duras yang menjadi sejarah penamaan pantai indah ini. Pohon ini memiliki pangkal pohon atau pok satu saja, sehingga muncul nama Pok Tunggal. Pemandangannya dijamin tak mengecewakan.

Peninggalan Peradaban Hindu Kuno di Candi Sambisari
Bagi Anda yang tergila-gila dengan peninggalan peradaban Hindu Kuno yang sempat menguasai tanah Jawa di era dahulu, maka tempat wisata Jogja yang satu ini wajib Anda kunjungi. Namanya Candi Sambisari. Letaknya berada di dusun Purwomartani. Yang membuat candi ini unik adalah letaknya yang berada 6,5 meter lebih rendah ketimbang lahan di sekitarnya. Tak ada biaya masuk, membuat candi ini semakin menjadi surga wisata tersembunyi. Anda juga akan menemukan banyak relief yang artistik di sekitar Candi Sambisari. Belum dengan patung Dewi Siwa dan Dewi Durga yang eksotis, bisa Anda temukan di kawasan candi yang dulunya persawahan ini dan mulai tahun 1996 direnovasi oleh para ahli purbakala.

Desa Dan Hutan Wisata Kalibiru
Tempat wisata di Jogja ke enam yang tak kalah menarik untuk dikunjungi ada di pegunungan Manoreh, kabupaten Kulonprogo. Disini ada Kalibiru, desa dan hutan wisata yang menjadi ekowisata yang belum banyak diketahui orang. Hutan wisata kaibiru ini cocok untuk Anda yang inigin menaikmati trekking dengan latar pepohonan hijau nan cantik.

gua pindul

Cave Tubing di Goa Pindul
Bagi Anda penggemar Cave Tubing atau susur gua, maka tempat wisata di Jogja yang terbaik bisa Anda kunjungi adalah Goa Pindul. Goa Pindul adalah salah satu goa yang terbentuk dari proses batuan karst dalam waktu jutaan tahun hingga membentuk gua dan sungai bawah tanah yang sangat eksotik. Di tempat ini Anda bisa memilih, ingin menyusuri gua, atau bisa juga menikmati sungi bawah tanah berombongan dengan memakai ban dalam sebagai body rafting. Goa Pindul selalu dipadati wisatawan dan surga tersembunyi ini memang sedang naik daun. Jika tertarik, silahkan datang ke Gunung Kidul, DIY.

Berwisata ke Pabrik Gula Madukismo
Seringkali kita tinggal menikmati makanan dan minnuman yang sudah tersedia di atas meja, namun berlum pernah sekalipun (mau) mengetahui proses pembuatannya. Misal, gula yang sering kita campurkan ke kopi atau teh, dari tanaman apa asalnya? Dimana dibuatnya? Bagaimana prosesnya sampai menjadi paket gula yang bisa langsung kita beli di pasar atau minimarket? Pertanyaan itu akan terjawab semua di tempat wisata yang satu ini: Pabrik Gula Madukismo. Di tempat berbasis agro industri ini kita akan disuguhi proses pembuatan gula dari tebu sampai menjadi gula yang biasa kita konsumsi. Letaknya ada di Kasihan, Bantul. Anda direkomendasikan berkunjung di bulan Mei sampai September alias musim giling tiba.

Museum Affandi
Museum affandi
Museum Affandi Sang Maestro Lukis Indonesia Asal Jogja
Selain bertitel Kota Pariwisata, Jogja juga dikenal sebagai Kota Seni. Dari Jogja lahir seniman-seniman mumpuni yang memiliki nama tersohor di lingkup nasional maupun internasional. Bidangnya pun beragam, dari yang berprofesi sebagai seniman patung, seniman kontemporer, seniman musik, teater, sampai seni lukis. Untuk yang terakhir, jika tertarik, Anda kami sarankan untuk berkunjung ke Museum Affandi. Di tempat ini tersimpan karya-karya abadi dari seorang maestro lukis Indonesia asal Jogja, Affandi. Tempat wisata di Yogyakarta ini beralamat di pinggir Kali Gajah Wong, tepatnya Jalan Laksda Adisucipto 167. Cukup dengan tiket masuk Rp 20 ribu saja, Anda bisa menikmati mahakarya Affandi yang berjumlah ratusan di dalamnya. alamat Jl. Laksda Adisucipto 167 Yogyakarta 55281 Indonesia
Phone : +62 274 562593
Fax : +62 274 562593

Romantisme di Atas Bukit Bintang
Selanjutnya ada tempat wisata alam di Jogja yang semakin menegaskan bahwa Jogja adalah tempat terbaik untuk Anda yang sedang dalam pencarian romantisme. Keromantisan wisata Jogja tersebut bisa Anda temukan di atas Bukit Bintang. Bukit bintang terletak di Jalan Jogja-Wonosari. Seketika Anda memasuki wilayah yang menanjak dan berbelak-belok, Anda disuguhi banyak opsi warung yang siap memanjakan Anda dengan makanan enak dan tentu saja pemandangan malam kota Jogja yang menakjubkan. Dari atas bukit Anda disuguhi taburan bintang-bintang di langit, dan jika memandang ke bawah Anda dihadapkan pada hamparan titik-titik cahaya beraneka warna dari rumah-rumah warga Jogja. Lengkapi sensasinya sambil menikmati jagung bakar bersama orang tercinta. Romantis, bukan?

Desa Wisata Bleberan
Air Terjun Sri Gethuk
Saat pulang dari Pantai Siung kembali ke Kota Jogja, alangkah baiknya Anda mampir ke Air Terjun Sri Gethuk yang berada di Gunung Kidul. salah satunya adalah pesona keindahan air yang terjun bebas ke bawah dari ketinggian yang menawan, yang bisa Anda temukan di kawasan Air Terjun Sri Gethuk. Alamatnya ada di Desa Wisata Blebean, di ngarai Sungai Oya. Air terjun ini mengalir di sela-sela batuan karst khas Gunung Kidul dan tak henti-henti mengalir meskipun memasuki musim kemarau.

goa-jomblang
Cahaya Surga di Gua Jomblang
Tempat wisata di Yogyakarta ke tiga belas yang masih berlokasi tak jauh dari Jogja bagian selatan adalah gua tersembunyi bernama Gua Jomblang. Berada diantara daerah karst Gunung Kidul, goa vertikal ini paling baik dikunjungi saat matahari sedang di puncak kepala, atau sekitar pukul 10-12 siang. Dengan begitu, seketika Anda di dalam gua, Anda akan disuguhi cahaya terang yang masuk ke dalam goa melaui celah gua tempat Anda masuk. “Cahaya surga” ini sangat indah. Belum dengan vegetasi khas dalam gua yang berusia purba, semakin membuat penjelajahan Anda semakin berkesan.

Curug Indah Tegalrejo

Berenang di Curug Indah Tegalrejo
Jika Air Terjun Sri Gethuk hanya bisa Anda nikmati pemandangannya saja, maka jiaka berkunjung ke Curug Indah Tegalrejo ini Anda bisa menikmati air terjun dan curugnya dengan berenang sesuka hati! Letaknya ada di Tegalrejo, Gunung Kidul, berbatasan langsung dengan daerah Bayat, Klaten, jawa Tengah. Surga tersembunyi ini juga tanpa biaya masuk alias gratis, hanya perlu membayar biaya parkir saja. Namun hati-hati jika ingin terjun ke curug, sebab curug tersebut cukup dangkal.

Museum Sisa Hartaku

merapi-lava-tour-paket-liburan-jogja
Harta Benda Korban Erupsi Merapi Di Museum Sisa Hartaku
Masyarakat Jogja adalah masyarakat yang akrab dengan bencana. Ini dikarenakan letaknya yang berada di antara gunung Merapi yang masih aktif di sebelah utara, dan pantai selatan yang rawan tsunami di sebelah selatan. Lokasi bencana erupsi Merapi di tahun 2010 lalu sekarang disulap menjadi kawasan wisata Jogja yang menarik sebab disini Anda bisa melihat berbagai benda korban erupsi Merapi yang mengerikan itu. Ada bangkai motor, tulang belulang bangkai sapi, sampai gamelan yang terbakar juga ada. Lokasi tempat wisata di Jogja ini ada Museum Sisa Hartaku yang dibuat oleh Pak Riyanto di Desa Kepulharjo, Sleman, DIY.

Jogja-Air-Show-2016

Tempat Romantis Di Bukit Parangndog
Setelah agak tegang, saatnya Anda menurunkan tensi dengan mengajak orang tercinta ke sebuah tempat romantis di selatan Jogja: Bukit Parangdog. Jalurnya sama dengan jalur menuju pantai Parangtritis, namun Anda mesti berbelok ke timur menuju jalan agak terjal dan berbelok-belok hingga Anda menemukan bukit romantis itu. Tempat wisata di Jogja biasa dipakai sebagai landasan pacu paralayang. Pemandangan dari tempat ini luar biasa bagus. Anda bisa memandang pantai Parangtritis sampai Parangkusumo dari ketinggian. Laut lepas ada di depan mata kita, menghampar luas sampai ufuk yang memerah jika kita disana saat sore tiba.

pasar-bringharjo

Tempat Wisata Belanja di Pasar Beringharjo
Referensi belanja Anda saat mengunjungi tempat wisata di Jogja barangkali langsung tertuju ke Pasar Beringharjo. Nah, sebenarnya ada tempat lain untuk memuaskan hasrat belanja Anda. Namanya adalah Sunmor atau Sunday Morning. Sunmor adalah sejenis pasar tumpah yang hanya akan Anda temukan di Hari Minggu di sekitaran Universitas Gadjah Mada (UGM). Pasar Beringharjo Jogjakarta ini cocok untuk menemani pagi Anda di Jogja. Setelah menghirup udara segar sambil berjalan-jalan menikmati udara pagi atau sambil jogging, Anda bisa sekaligus mampir ke pasar dadakan dengan beragam barang yang menarik hati. Pakaian? Ada. Jajanan khas? Banyak. Aksesoris? Tersedia. Sepatu? Tas? Tinggal pilih saja. Di Sunday Morning ini adalah surga belanja para mahasiswa sebab selain keberagaman yang dijual namun harga yang ditawarkan juga murah meriah.

Jika malamnya Anda berjalan-jalan ke alun-alun utara dan menemukan keramaian, maka Anda wajib mampir sebab keramaian itu adalah tanda bahwa sedang ada Sekaten! Sekaten adalah semacam pasar malam dengan suasana merakyat yang kental. Di tempat wisata malam di Jogja ini selain Anda bisa menemui barang apa saja layaknya pasar malam di tempat lain, berbagai wahana permainan juga bisa Anda coba. Makanan-minuman khas Jogja juga akan mudah Anda temui. Dan tentu saja, karena Anda sedang di tempat yang terkenal bebriaya hidup murah, harganya amat cocok di kantong. Yuk berkunjung ke tempat ini.

Itulah tadi surga-surga tersembunyi di Jogja yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga. Jogja memang istimewa dan satu hal yang pasti, ada rasa rindu ketika Anda mesti lama meninggalkannya. Namun semuanya akan terkenang baik jika Anda sempat mengunjungi surga tersembuyi di tempat wisata di Jogja yang kami tawarkan.


Similar posts